PENDIDIKAN PANGUDI LUHUR DELTA MAS
PANGUDI LUHUR DELTA MAS - Jl. Tol Jakarta-Cikampek Km. 37 Kota Deltamas, Bekasi - Indonesia  Telp.(021) 70601157
Kamis, 21 September 2017  - 2 User Online  
BERANDABUKU TAMUHUBUNGI KAMI 



PROFIL
KURIKULUM DAN PROGRAM PENDIDIKAN PANGUDI LUHUR DELTA MAS

Kurikulum Inspirasi dasar Manajemen Yayasan Pangudi Luhur (Periode 2001 – 2006), digerakkan oleh Spiritualitas keputusan Kapitel Provinsi Indonesia tahun 2000 tentang Karya Kerasulan Pendidikan Yayasan Pangudi Luhur, yang komponennya meliputi sebagai berikut :

  1. Pelayanan kerasulan Pangudi Luhur terfokuskan pada pengguna jasa yaitu anak/ peserta didik/orangtua.
  2. Kepemimpinan Sumber Daya Manusia Pangudi Luhur merupakan komunitas iman yang menekankan : persaudaraan sejati, kemitraan, menanggung karya perutusan bersama, komunikasi dan memihak kepada yang lemah.
  3. Dalam proses mencapai sasaran yang diharapkan personel Pangudi Luhur diharapkan  : semakin profesional, realistis, kritis, kontekstual, dan solider.
  4. Sasaran atau out put yang diharapkan , adalah seorang pribadi yang : berkualitas tinggi, beriman, berwatak, berbudi pekerti luhur.


Berdasarkan gambaran umum dan harapan pada tahun 2006 tersebut di atas, maka dalam rangka  pembangunan pendidikan Sekolah Pangudi Luhur Deltamas tersebut disusun perencanaan strategis dengan langkah-langkah sebagai berikut :


Menentukan  Core Busines

Sekolah Pangudi Luhur “Terpadu” Deltamas  Cikarang memiliki 4 Jenjang pendidikan , yaitu : Taman Kanak-kanak/playgroup, Sekolah Dasar, Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama, Sekolah Menengah Umum. Dari keempat jenjang tersebut  yang menjadi program andalan (core busines) adalah :

  1. Kelas kecil, maximum 25 murid (small classes, maximum 25 student) ? R. Standard
  2. Bilingual Teachers ( Bahasa Inggris + Bahasa Indonesia)
  3. Math and Science in English.
  4. Computer and Multimedia Facilities
  5. International adapted curriculum
  6. Active Teaching & Learning Methods in Developing Children’s Talents & interest  by Project  Based Learning.
  7. We target Self – Dicipline and encourage Creativity, Innovation and Self-Esteem.
  8. Kurikulum bestandart internasinal yang dikaji secara berkala baik dari segi akademik maupun moral dan disesuikan dengan perubahan zaman yang sangat cepat dalam era globalisasi.
  9. Unit yang menyalurkan aspirasi orangtua dan siswa.
  10. Staf pengajar yang memiliki antusiasisme tinggi, berdedikasi, kreatif, dan profesional yang menerapkan beragam metode pengajaran dan pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan karakter siswa.
  11. Bimbingan akademik di semua tingkatan, termasuk bimbingan khusus anak bermasalah atau bimbingan khusus untuk memilih universitas dan bimbingan karir.
  12. Fasilitas – fasilitas yang mendukung proses belajar-mengajar.
  13. Lingkungan belajar yang kondusif , sehingga menciptakan rasa menghargai sesama siswa dari latar belakang budaya, bakat, kemampuan yang berbeda-beda.
  14. Program ekstrakurikuler untuk menyalurkan bakat masing-masing siswa dalam tingkatan yang berbeda, menumbuhkan rasa menghargai diri senidiri dan menciptkan lingkungan yang menyenangkan.


Menentukan  core competence
Untuk menentukan core competence Sekolah Pangudi Luhur Deltamas , akan diuraikan perjenjang/tingkatan sebagai berikut :

     1. The Early Childhood Learning Center  : Menjelajahi dan Menemukan

Sekolah Pangudi Luhur Deltamas memahami bahwa setiap anak memiliki kreativitas dan merasa antusias saat menemukan hal-hal yang baru. The Early Childhood Learning Center  bertujuan untuk memberikan ruang bagi pengembangan kreativitas dan potensi setiap anak saat melalui tahun-tahun awal dalam masa kanal-kanak.
The Early Childhood Learning Center menawarkan kelas-kelas :

  • Pra-TK (playgroup)    : usia  3 tahun
  • Taman kanak-kanak    : usia  4 tahun   (TK  A)
  • Pra- SD                       ;  usia  5 tahun   (TK  B)

Falsafah Sekolah Pangudi Luhur tentang pendidikan dan pengembangan total dalam diri anak – anak diwujudkan dengan menyediakan lingkungan pendidikan yang kondusif, yang bersifat mendidik, membina, membimbing, dan mengembangkan anak. Lingkungan pendidikan tersebut membantu setiap anak untuk tumbuh dan berkembang sesuai dengan tahap-tahap perkembangan alami setiap anak. Sekolah Pangudi Luhur Deltamas menggunakan kurikulum “dua bahasa” berdasarkan  Developmentally Appropriate Practice.

Belajar adalah suatu proses interaktif . Setiap anak memiliki kesempatan untuk mendapatkan pengalaman yang nyata,relevan dan kongrit.Setiap kebutuhan dan minat yang terdapat dalam diri seseorang anak akan dibina melaluo beragam program pendidikan. Tujuan ini dapat dicapai dengan jumlah siswa yang terbatas pada setiap kelas sehingga curu mampu membantu setiap anak untuk mengembangkan potensi secara maksimal.

Proses belajar didasarkan pada penjelajahan dan penemuan jati diri melalui materi yang kongrit. Kegiatan bermain mampu memotivasi anak untuk memanfaatkan lingkungannya dalam memecahkan masalah dengan cara-cara yang menyenangkan. Sekolah Pangudi Luhur menyediakan ruang kelas yang nyaman, menarik, merangsang dan memotivasi keinginan belajar. Staf pengajar merupakan tim solid yang membantu proses pendidikan. Interaksi berkesinambungan antara sekolah dan rumah merupakan bagian penting dalam pendidikan awal seorang anak.

 

      2. Sekolah Dasar: Menghargai Diri Sendiri dan Percaya Diri

Program pendidikan di Sekolah Dasar Pangudi Luhur disesuaikan dengan tahap-tahap pengembangan seorang anak dalam menimba ilmu pengetahuan. Kurikulum yang digunakan disusun dengan seksama dan fleksibel sehingga proses belajar dapat direspon dan diserap oleh  setiap siswa sesuai dengan kebutuhan dan minat mereka.

Mulai dari kelas I (Year I ) sampai kelas VI (Year 6) Sekolah Dasar  menekankan pada terserapnya pengetahuan dan keahlian dengan pemberian tugas-tugas belajar yang merangsang kemandirian dan kerjasama setiap siswa. Tugas-tugas yang memberikan siswa kesempatan untuk merumuskan, menjelajahi dan mengembangkan pemahaman mereka merupakan bagian penting dalam program belajar di Sekolah Dasar Pangudi Luhur.

Pendekatan ‘tematik’diterapkan pada saat siswa mempelajari masalah-masalah di luar lingkup mata pelajaran. Pendekatan ini membuat para siswa menjelajahi setiap aspek dari minat mereka pada satu topik tertentu.

Pengalaman yang secara langsung didapatkan akan membantu siswa memahami arti dari konteks sosial dan memiliki kemampuan sosial praktis. Siswa juga belajar bagaimana menyelesaikan satu persoalan secara kreatif dengan berinteraksi dengan orang lain dalam beragam bidang, dengan mencari pengetahuan baru melalui sumber-sumber yang luas dan dengan mempresentasikan pengetahuan yang mereka miliki dalam format luas yang beragam.

 Kemampuan membaca dan berhitung siswa dikembangkan pada saat  yang bersamaan dengan kemampuan sosial, bekerja dalam kelompok dan berpikir kritis. Siswa  juga dimotivasi untuk memiliki rasa empati yang ditekankan melalui kegiatan-kegiatan interaktif dan kooperatif yang dilaksanakan di dalam dan di luar ruangan kelas.

Sekolah Dasar Pangudi Luhur memahami adanya tingkat kecerdasan anak yang berbeda dan kecenderungan seorang anak untuk memilih pola kerja yang sesuai dengan keinginannya. Pemahaman ini mendasari penyusunan kurikulum dan pemberian kesempatan bagi setiap siswa  untuk mendapatkan dan mendemonstrasikan pengetahuan dalam konteks program pendidikan di satu lingkungan yang positif.
Konsep belajar secara mandiri dan mampu memecahkan masalah, mengambil resiko dan berpikir secara lateral diperkenalkan mulai dari Sekolah Dasar. Konsep interaktif ini akan menciptakan landasan untuk membangun masa depan.

 

      3. Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama : Bimbingan dan Dukungan

Sekolah Menengah Pertama  Pangudi Luhur menyediakan pendidikan kelas I (Year 7) sampai kelas III (Year 9) SMP. Pada tingkatan ini kurikulum digunakan mulai terpisah dari Sekolah Dasar, dengan penambahan beberapa mata pelajaran. Kurikulum didasarkan pada 8 mata pelajaran yang meliputi Bahasa Inggris, Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Bahasa Indonesia, Ilmu Pengetahuan Sosial dan Lingkungan Hidup (Geografi, Ekonomi, Politik dan hukum), Tekhnologi, olahraga dan kesehatan serta Kesenian. Agama, PPKn dan Sejarah Indonesia adalah mata pelajaran pendukung, disebut sebagai ‘mata pelajaran nilai- nilai yang berlaku dalam masyarakat’ yang mendukung seluruh mata pelajaran lainnya. Sekolah Menengah Pertama Pangudi Luhur menyediakan kesempatan yang mengajak setiap siswa untuk memperoleh pengalaman dan mempelajari setiap topik-topik dalam konteks nasional dan internasional dalam mata pelajaran yang sama. Penilaiannya diambil secara sumatif, formatif, maupun penilaian  proses.

Bahasa Inggris merupakan bahasa pengantar utama pada sekolah ini. Semua siswa mendapatkan Bahasa Mandarin sebagai bahasa yang wajib dipelajari dalam menyiapkan mereka untuk lebih beradaptasi pada masa berikutnya.

Pada tingkatan ini, apa yang didapatkan oleh para siswa di Sekolah Dasar mulai diterapkan. Setiap siswa mendapatkan dukungan untuk mengambil tanggung jawab sendiri dan mengembangkan satu program belajar yang sesuai sebagai persiapan Memasuki pendidikan tingkat Sekolah Menengah Tingkat Atas.

                 
      4. Sekolah Menengah Tingkat Atas : Peran Kepemimpinan

Bahasa Inggris digunakan sebagai bahasa pengantar.
Saat siswa memasuki kelas II dan III SMTA (Year 11 dan Year 12), mereka menetapkan pilihan mereka untuk mengambil Jurusan Matematika/Ilmu Pengetahuan Alam/Jurusan Bisnis/Ekonomi, atau jurusan seni visual dan pementasan sesuai dengan bakat dan minat dan karier masa depan yang mereka rencanakan. Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Matematika adalah mata pelajaran yang selalu ada dalam tiap-tiap jurusan. Siswa juga diperkenankan untuk mengikuti mata pelajaran, di luar jurusan mereka, jika mata pelajaran itu lebih cocok dengan pendidikan mereka. Sekolah menawarkan Kurikulum Nasional sebagai pilihan tambahan. Pilihan ini memberikan siswa kesempatan untuk memiliki dua sertifikat kelulusan pada akhir proses belajar.

Program Ekstra Kurikuler
Sekolah Pangudi Luhur mendukung program-program akademik dengan menyediakan kegiatan ekstrakurikuler yang menekankan pada keterlibatan sekolah secara keseluruhan.  Lingkup kegiatan yang ditawarkan sekolah tergantung dengan minat para siswa. Kegiatan yang ditawarkan antara lain:

    * Seni
    * Pembuatan Film
    * Fotografi
    * Keterampilan/hasta karya
    * Majalah Dinding
    * Modern Dance
    * Bahasa Mandarin
    * Musik
    * Elektronika
    * Web Design
    * Pengantar Bisnis
    * Badminton
    * Bola Basket
    * Bola Kaki
    * Bola Voli
    * Tenis Meja
    * Outdoor Education
    * Renang
    * Para siswa dengan beragam kegiatan dapat mengambil bagian dalam perlombaan  atau antar sekolah.






^:^ : IP 54.224.202.184 : 2 ms   
PENDIDIKAN PANGUDI LUHUR DELTA MAS
 © 2017  http://pldeltamas-jkt.pangudiluhur.org/