PENDIDIKAN PANGUDI LUHUR DELTA MAS
PANGUDI LUHUR DELTA MAS - Jl. Tol Jakarta-Cikampek Km. 37 Kota Deltamas, Bekasi - Indonesia  Telp.(021) 70601157
Rabu, 21 Agustus 2019  - 1 User Online  
BERANDABUKU TAMUHUBUNGI KAMI 


30.08.2007 12:23:14 1713x dibaca.
ARTIKEL
BRUDER, PANGUDI LUHUR DAN KEDISIPLINAN

Oleh: Cosmas Heri Setiono

Bagi saya, kalau bicara tentang bruder FIC, yang ada dalam benak saya adalah Pangudi Luhur. Karena saya kenal dengan konggregasi FIC dari sekolah tempat saya menimba ilmu waktu SD dan SMP, yaitu di SD Pangudi Luhur Ambarawa dan SMP Pangudi Luhur Ambarawa. Biasanya tiap jangka waktu tertentu Bruder-Bruder yang mengajar selalu berganti. Sehingga selama menempuh SD & SMP saja saya bisa mengenal cukup banyak Bruder. Dan menurut saya itu bagus, karena murid akan mengenal banyak bruder dengan karakter dan kesan yang berbeda-beda.


Tetapi ada satu kesan terhadap salah satu karya para Bruder FIC ini, yaitu kedisiplinan. Kesan ini begitu saya rasakan sampai saat ini. Setelah lulus SMP PL Ambarawa, saya melanjutkan ke sebuah SMA Negeri favorit di Salatiga. Nah di sinilah pertama kali saya merasakan perbedaannya sekolah di luar Pangudi Luhur. Pengalaman yang saya alami adalah begitu rendahnya tingkat kedisiplinan siswa. Saya sampai tercengang melihat situasi ini. Hal serupa ternyata juga dirasakan oleh teman-teman yang dulu berasal dari sekolah yang sama. Seperti tidak adanya aturan atau kesadaran dari siswa. Sebagai contoh : cara berpakaian yang seenaknya sendiri, memakai sepatu dengan warna yang tidak sesuai dengan aturan, bolos jam pelajaran yang relative gampang, merokok di areal sekolah dengan leluasa, dan penghormatan terhadap guru yang kurang optimal dan masih banyak lagi.


Sewaktu SD dan SMP hal tersebut di atas bisa saya katakan tidak pernah saya alami. Jangankan untuk membolos, lupa mengerjakan PR atau terlambat sekolah saja rasanya sudah melakukan kesalahan yang sangat besar, dan takutnya bukan main. Pernah suatu kali pada waktu SMP, waktu berjalan menuju kelas saya melewati rumput untuk memperpendek jalan, tidak lewat jalan yang seharusnya. Ternyata di ujung jalan sudah berdiri Bruder Frans ( Bruder yang kulitnya putih berkaca mata seperti orang keturunan China ) yang langsung memanggil saya untuk berjalan di jalan yang sebenarnya dan tidak menginjak rumput. Hal ini tercatat dalam pikiran saya sampai saat ini. Jadi kalau saya melewati taman misalnya, meskipun rutenya jauh dan harus memutar, saya dengan senang hati akan saya turuti, karena saya teringat terus akan hal ini. Ini hanya salah satu contoh saja dari sekian banyak kasus.


Saya bisa berbicara ( tepatnya menulis ) begini karena saya sudah merasakan sekolah di Pangudi Luhur dan di luar Pangudi Luhur. Sekarang saya tinggal di Denpasar. Sayang sekali di sini tidak ada karya pendidikan dari Bruder FIC. Jika ada , pastilah anak-anak saya akan saya sekolahkan di sini. Bukan hal yang mudah memang membentuk budaya disiplin dalam segala hal. Selain juga di tunjang oleh tenaga pengajar yang mendukung. Tapi itu telah dilakukan oleh sekolah karya dari Bruder FIC ini. Dan saya yakin bahwa hal ini juga dirasakan oleh alumnus yang lain. Meskipun sudah lebih dari 20 tahun yang lalu saya mengenyam pendidikan di Pangudi Luhur, tetapi kesan disiplin itu tetap terasa.


Semoga sekolah dari karya para Bruder FIC ini tetap mempertahankan dan syukur meningkatkan salah satu ciri khas sekolah Bruderan ini. Mempertahankan adalah suatu pekerjaan yang tidak mudah memang, tetapi peningkatan juga saya rasa perlu karena permasalahan yang di hadapi murid jaman sekarang lebih kompleks dan berbeda jauh dengan 20 tahun yang lalu. Bagaimana Bruder ? Saya kira ini merupakan tantangan dan pekerjaan yang tidak mudah. Tapi bagi saya sebagai orang awam, hal ini pasti sudah diantisipasi dengan baik oleh konggregasi FIC. Persoalan yang di hadapi oleh dunia pendidikan pada jaman 80 an dan era milenium ini boleh berubah, tetapi yang namanya kedisiplinan tidak akan berubah.

Jadi kesan saya akan “Bruder, Pangudi Luhur dan Kedisiplinan “ merupakan kesatuan yang tidak bisa dilepaskan adalah hal yang tidak dilebihlebihkan.








^:^ : IP 34.236.190.216 : 2 ms   
PENDIDIKAN PANGUDI LUHUR DELTA MAS
 © 2019  http://pldeltamas-jkt.pangudiluhur.org/